Tuesday 3 November 2015

Cara Mudah Menginstal Windows 8 + Gambarnya



Cara Mudah Menginstal Windows 8/8.1
Pada kali ini, saya akan berbagi ilmu bagaimana sih cara menginstall Windows 8/8.1 dengan mudah dan gak pakek ribet, asalkan anda menyimak dengan teliti dan mencermati tutorial kali ini. Langkah demi langkah pun akan saya jelaskan dengan sedetail mungkin agar anda dapat mudah memahami betul setiap langkah – langkahnya.
Antara Windows 8 dengan Windows 8.1 ini tidak jauh berbeda. Mungkin ada sedikit perbedaan diantar keduanya, seperti navigation properties, fitur pencarian, dan ukuran tile yang mempunyai ciri khas masing – masing.

Salah satu ciri khas dari Windows 8.1 adalah, adanya icon Start pada menu teksbar, dimana Windows 8 tidak dilengkapi dengan fitur ini. Tapi anda jangan khawatir, cara menginstall kedua Windows ini langkah – langkahnya sama persis. Oke tidak usah basa basi lagi, mari kita simak langkah – langkah menginstall Windows 8/8.1 :
Oke, sebelum menginstall Windows 8 anda harus mempersiapkan hal – hal berikut ini :
1.      Siapkan DVD Windowos 8/8.1 terlebih dahulu, karena kita akan belajar menginstall Windows 8/8.1 melalui DVD-ROM.
2.      Setting melalui BIOS, karena kita akan Booting melalui BIOS.
3.      Backup data – data yang menurut anda penting.
4.      Jika yang anda install adalah Laptop, saya sarankan untuk memasang charger Laptop anda. Jangan sampai Laptop anda kehabisan daya pada saat proses Instalasi, karena akan berdampak buruk pada Laptop anda.
5.      Jangan lupa berdo’a agar proses Instalasi berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun :v
Setting Melalui BIOS
            Pada umumnya Komputer/Laptop Booting pertama kali melalui HDD. Maka dari itu, anda harus mengaturnya terlebih dahulu agar Booting pertama kali melalui CD/DVD. Baiklah kita langsung saja kita simak langkah – langkahnya :
1.      Nyalakan atau restart Komputer/Laptop terlebih dahulu,kemudian tekan tomcbol DEL (DALETE). Namun biasanya untuk masuk ke Menu BIOS, tombol yang paling umum digunakan adalah DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung pada Menu facturer Laptop/Motherboad anda.
2.      Jika sudah berhasih masuk ke Menu BIOS ( tampilannya seperti gambar dibawah ), setelah itu, masuk ke tab Boot dengan cara menekan tombol ◄ ►.j          
3.      Jika anda sudah masuk ke tab Boot maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Ditampilan tersebut terdapat 4 Devise, dan urutan yang paling atas adalah HDD. Jadi Komputer/Laptop anda akan melakukan Booting pertama kali melalui HDD.  
4.      Agar dapat Booting melalui CD/DVD, anda harus menempatkan CD-ROM Drive berada diurutan paling atas. Caranya dengan memilih CD-ROM Drive, kemudian geser menggunakan tombol +/- sampai berada diurutan paling atas seperti gambar berikut ini.
5.      Dan jangan sampai lupa memasukan DVD Windows 8/8.1 nya pada DVD-ROM. Kemudian tekan tombol F10 untuk menyimpan hasil settingan sekaligus keluar dari menu BIOS.
Tidak semua Laptop/Komputer memilikai jenis BIOS yang sama. Bisa jadi BIOS yang anda gunakan juga tidak sama dengan yang saya gunakan pada postingan ini.
Oke langsung saja kita menuju ke.......
Langkah – Langkah Menginstall Windows 8
Menginstall Windows 8 sangat mudah jika kalian memperhatikan langkah berikut ini...
1.      Untuk memulai instalasi, anda bisa menekan tombol Keyboard terserah anda. Oh iya, misalnya anda berjumpa lagi dengan tampilan lagi seperti pada gambar dibawah ini pada tengah -tengah proses instalasi nanti, jadi (jangan tekan tombol apapun!!!) kalau anda sampai menekan tombol maka anda akan mengulang lagi dari awal pada langkah nomor 1 ini.
2.      Nah pada langkah kedua ini anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Pada kolom kedua anda pilih saja Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk yang lainnya biarkan saja begitu. Selanjutnya klik Next.
3.      Oke, pada langkah ketiga ini anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik Install now.
4.      Nah pada langkah keempat ini anda harus memasukkan project key Windows 8 nya, yang biasanya perdapat pada kode project key yang sudah menjadi satu paket di DVDnya. Jika sudah selanjutnya anda klik Next.
5.      Dilangkah kelima ini anda hanya perlu memberikan centang pada I accept the licence terms, kemudian pilih Next.
6.      Pada langkah berikut ini, anda silahkan pilih Costum : Install Windows Only ( advanced )
7.      Jika anda ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade Sistem Operasi Windows sekaligus ingin data – data pada partisi lain tidak hilang, cukup dalete Disk 0 Partition 2 ( partisi C:) dan Disk 0 Partition 1 : System Reserved, nanti otomatis kedua partisi yang anda delete tadi menjadi Unallocated Space. Silahkan membuat partisi baru lagi ( secara otomatis, partisi tersebut  menjadi Disk 0 Partition 2 ) dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi Windows 8, kemudian Next. Lebih jelasnya simak saja gambar dibawah ini.
Pemberitahuan :
            Bagi yang ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade ke Windows 8 sekaligus tidak ingin data – data di partisi hilang, silahkan lewati Langkah nomor 8– 12. Dan bagi yang pertama kali melakukan instalasi windows 8 sekaligus HDD-nya yang masih mulus dan belum terinstall Sistem Operasi Windows sebelumnya, silahkan lewati langkah nomor 7 ini.
8.      Seperti yang ada lihat gambar dibawah ini, bahwa ruang HDD nya masih kosong. Yang perlu anda lakukan pada langkah ini adalah mempartisi HDD anda menjadi beberapa partisi ( tergantung keinginan anda, bisa 2,3, atau lebih).
9.      Untuk membuat partisi baru, silahkan pilih Drive options ( advanced ) > New, tentukan ukuran partisi tersebut sesuai selera anda, kemudian klik Apply. Jika HDD anda berukuran 320/500 GB, saya menyarankan beri ukuran 100 GB karena partisiberikut ini merupakan partisi system ( partisi C: )
10.  Selanjutnya anda akan menemukan tabel yang intinya untuk pemmbuatan system reserved partition, anda langsung saja klik OK.
11.  Selanjutnya buatlah partisi lagi sesuai selera anda, untuk langkah – langkahnya sama dengan langkah Nomor 10 yaitu pilih Disk 0 Unallocated Space  >>  New,  lalu tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian klik Apply.
12.  Pilih Drive 0 Partition 2 ( partisi C: ) sebagai lokasi isntalasi Windows 8 nya, selanjutnya  klik Next.
13.  Nah......, pada langkah berikut ini anda dapat membuat kopi atau mengambil cemilan dulu hahaha :v. Karena pada langkah ini anda akan membutuhkan waktu 15 menit bisa lebih dan Laptop/komputer anda akan restart beberapa kali selama proses  berlangsung.
14.  Selanjutnya beri warna pada PC anda, kemudian klik Next. Dalam tahap ini anda dapat mengatur warna tema PC anda sesuai selera anda.
15.  Pada langkah ini anda klik saja  Use express setting.
16.  Masukkan nama pengguna PC anda sekaligus passwordnya bila anda memerlukannya. Kalau anda inggin PC anda tidak ada passwordny, maka jangan isi kolom passwordnya. Tapi kalau anda ingin agar tidak sembarang orang dapat mengakses komputer/laptop anda, sangat disarankan untuk memberinya password. Untuk kolom Password hint, isikan kata atau kalimat yang memudahkan anda mengingat password anda, dikosongkan juga tidak ada masalah. Selanjutnya klik Next.
17.  Tunggu beberapa menit sampai anda muncul tampilan dekstop seperti gambar dibawah ini. Dan proses instalasi Windows 8/8.1 selesai sudah.

Oke sekian dari blog saya......Good luck!!!

No comments:

Post a Comment